Cara Paling Gampang Mengirim Uang dari Belanda ke Indonesia

Tak dapat dipungkiri bahwa secara budaya, seolah-olah alami kita yang berasal dari Asia membantu keluarga adalah kewajiban. Hal tersebut telah mendarah daging dan tidak dapat diubah lagi walau dimanapun kita berada. Bahkan kita rela jauh dari keluarga agar dapat membantu mereka terutama dari segi financial.

Transferwise.
 
 
Selain karena sejarah yang panjang, hingga saat ini banyak orang Indonesia yang kini tinggal dan menetap di Belanda, terutama karena hubungan perkawinan, dan juga immigran illegal yang menguji nasib. 
Di samping itu banyak juga yang pada awalnya karena belajar, melanjutkan pendidikan tinggi mereka di Belanda yang telah sukses dan mendapatkan pekerjaan. Mereka yang telah sukses dan bekerja jadi enggan pulang karena beberapa hal umpamanya tata cara hidup yang mulai mereka sukai (di Belanda hidup amat berstruktur dan teratur), dan tidak dipungkiri juga karena mereka takut tidak akan mendapatkan gaji yang setimpal seperti di Belanda. 

Untuk membantu keluarga atau sekedar menyumbang bantuan sosial dan lainnya jelas membutuhkan system pengiriman uang dari Belanda ke Indonesia negeri asal mereka secara yang nyaman , aman dan tidak terlalu mahal tentunya


Hampir semua jalur transaksi keuangan dari Belanda ke Indonesia memakan waktu yang termasuk cepat. Biasaya maximaal 5 hari kerja, di Belanda kita bekerja umumnya dari hari Senin hingga Jumat. Jadi jika anda mengirim uang di hari Senin pagi waktu Belanda, maka uang akan tiba di rekening penerima di Indonesia paling lambat hari Jumat pagi waktu Indonesia. Transaksi ini biasanya jika dilakukan antar Bank, dari Bank Belanda ke Bank penerima di Indonesia. Dan sayangnya transaksi ini memakan biaya yang lumayan mahal dan belum lagi di tambah biaya administrasi di Indonesia, yang pada kenyataannya berbeda di setiap Bank.

Adapun pilihan lain yang biayanya lebih cepat dan lebih murah (saya belum mencoba semuanya) adalah :

1. Surichange
2. Westernunion
3. Transferwise

Yan ketiga adalah hingga saat ini yang dianggap paling mudah dan biaya terendah, juga nyaman.

Semoga berguna. Dan yan paling penting adalah, mari kita bekerja sambil berdoa, Ora et Labora hingga kita bisa membantu dan berbagi berkat bersama sanak keluarga yang jauh di sana dan juga teman-teman sebangsa lainnya yang butuh bantuan tangan kita.

Terimakasih, Sjalom.