Membaca adalah Pintu Ilmu

Membaca adalah Pintu Ilmu
google.com
 
Sekali-sekali manfaatkan waktu untuk membaca, masak iyo berinternet terus, bermedsos terus” sindir suamiku tadi sore ketika ngopi bareng. “ “ya iyo...saya nggak hanya ber-sosmed kok” saya banyak membaca juga lewat internet” jawabku membela diri. 
 Dan memang benar, jika dulu sering kita mendengar bahwa membaca buku adalah jendela dunia, mak sekarang membaca adalah pintu dunia. Pada zaman yang serba online bahan bacaan tidak lagi hanya berupa buku dan majalah, tetapi juga berbentuk e-book, atau PDF yang dapat di download langsung untuk dibaca di waktu senggang. Tinggal memilih bentuk mana yang kita pilih.
 
Tidak hanya itu, bahwa kini banyak sekali media dan penulis yang menawarkan berbagai informasi yang juga dapat dijadikan sumber bahan bacaan, walau sesungguhnya menurut saya melalui jalur ini kita mesti hati-hati, sebab banyak penulis yang hanya comat sana-sini tanpa isi yang berarti. Terutama membaca dan hanya menerima ilmu lewat segudang sosial media, bagiku is “no dont”.
Masalahnya apakah kita akan membaca atau tidak, akankah kita membuka pintu dunia itu atau tidak. Jika pada masa kini kita tak lagi membaca atau kita masih tetap tidak mau membaca, saya pikir kita masih berada di dunia atau ruang kehidupan yang tertutup, dengan pintu kita yang terkunci rapat.


Jika kita membuka pintu dunia ini, maka benarlah apa yang di ungkapan oleh Dr. Seuss. “The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you’ll go” ungkap Dr. Seuss, seorang pengarang buku anak-anak, penulis puisi dan kartunis. 
 

Renungkan contohnya, jika kita tidak membaca, apakah kita bisa mengetahui betapa indahnya kepulauan Indonesia dan dunia ? Dapatkah kita mengetahui berbagai informasi tentang kesehatan ? (setiap orang ingin sehat hingga dia meninggal dunia hehe ).

Begitu banyak sesungguhnya manfaat membaca, disini akan saya ungkapkan sejumlah diantaranya, yang tentunya saya dapatkan dari hasil membaca. Semoga manfaat ini dapat mendorong kita untuk meningkatkan minat baca.

1. Memperluas wawasan

Dengan membaca kita dapat mengisi kepala (otak) kita dengan berbagai informasi yang sebelumnya kita tidak atau belum ketahui, yang mana kelak akan berguna bagi masa depan kita.


2. Memberi ide-ide baru.

Dengan banyak membaca kita dapat mengetahui banyak hal, dan bisa dijadikan sumber ide-ide baru. Walau seseorang telah punya keahilan dalam bidang tertentu tetap saja orang tersebut butuh membaca sehingga dia bisa mengembangkan dan memberi inovasi yang baru dalam bidang tersebut sesuai dengan tuntutan zaman.

3. Mempertinggi kualitas daya ingat.

Jika kita membaca sebuah buku, kita dituntut mengingat sejumlah hal seperti, karakter, sejarah, ambisi dan juga jalur cerita yang kadang berbelit-belit. Jelas banyak untuk diingat. Hebatnya otak kita dapat melakukannya. Karena setiap kita memberi informasi yang baru otak kita akan membuat jalur yang baru disamping memperkuat yang sudah ada, yang membantu ingatan jangka pendek. Selanjutnya menstabilitaskan suasana hati.


4. Menstimulasi Mental- Kesehatan Otak.

Otak adalah salah satu bagian tubuh yang amat vital. Karenanya kesehatannya amat perlu dijaga. Ibarat sebuah pisau, mesti sering diasah hingga tetap tajam. Dan alat pengasah otak adalah membaca. Dengan membaca memotivasi otak tetap aktif. Otak yang selalu aktif akan membantu memperlambat bahkan mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan Demensi.

5. Memberi kebahagiaan, mengurangi stress.

Salah satu cara mengurangi stress dari pekerjaan dan kegiatan rutin adalah dengan membaca. Dengan membaca hal yang menarik , atau cerita yang menarik akan mampu membawa pikiran anda ke dalam dunia lain. Dengan demikian tingkat stress akan dapat berkurang, demikian peryataan cognitive neuropsychologist Dr David Lewis, University of Sussex.

6. Memperpanjang Umur

Dari hasil penelitian Yale University School of Public Health, bahwa orang yang sering membaca, akan hidup lebih lama. Orang dewasa yang lebih dari 3,5 jam seminggu menggunakan waktunya untuk membaca, akan mendapat umur 23% lebih lama pada 12 tahun berikutnya. Jadi cukup hanya dengan 30 menit sehari dapat memperpanjang usia anda...(hebat ya..)

7. Mengangkat derajat – status ekonomi sosial

Dengan kebiasaan membaca sejak usia muda, otak yang terlatih mengingat banyak hal akan menjadi pintar dan ahli pada bidang, atau studi yang didalami. Dengan demikian hasil studi yang baik jelas akan mempermudah mendapatkan pekerjaan dan karier yang lebih cepat dan tinggi. Karier yag tinggi jelas dan pasti akan mengangkat status ekonomi dan sosial. Sebagaimana di Indonesia status diatas segalanya..eh..

8. Kamu lebih toleran dan ramah

Dari hasil penelitian Universitas Toronto, orang yang sering membaca terutama bentuk lebih memiliki empathy, artinya lebih mudah mengerti dan menerima pikiran, pendapat, kerinduan dan keyakinan orang lain walaupun sama sekali berlawanan dengan pendapat dan idenya sendiri.

9. Melatih meningkatkan keterampilan berpikir dan kemahiran menganalisa.

Tanpa kita sadari, pada saat kita membaca sesuatu yang menarik kita akan terbawa oleh arus masalah yag terjadi pada bacaan tersebut. Secara tidak langsung kita mendapat akses dan terlibat secara tidak langsung pada penyelesaian kasus dalam sebuah cerita. Dengan demikian otak kita ikut terlatih dan kemampuan menganalisa akan lebih tinggi.

10. Mempertinggi daya Fokus dan Konsentrasi

Ketika membaca sebuah buku tentu saja perhatian kita tertuju pada jalur cerita, tokoh – tokoh cerita. Semakin banyak toko dalm buku cerita atau semakin rumit jalur cerita semakin besar konsentrasi kita yang dibutuhkan. Atau kita akan kehilang jalur cerita.
Dengan terlatihnya kita berkonstrasi akan lebih mudah juga berkonsentrasi pada kegiatan-kegiatan , pekerjaan dan aktivitas kita yang lainnya. Kita tidak akan mudah mengalihkan perhatian kita pada hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan yang sedang kita lakukan.

11. Meningkatkan Kreativitas.

Dengan banyak membaca , berarti banyak menemukan dan mengumpulkan berbagai informasi yang dapat memotivasi menimbulkan ide-ide baru, menjadi kreatif. Menjadi trampil mencari menganalisa situasi dan keadaan dan bermetamorfosa sesuai dengan keadaan. Anda lebih trampil mencari solusi dan meyelesaikan masalah.

12. Menambah kesuburan kosakata.
Setiap kali kita membaca berarti kita akan disodorkan hal-hal yang baru dan yang belum kita ketahui serta penjelasannya. Dengan demikian kosakata kita akan bertambah dan semakin subur. Hal ini jelas akan membantu kita untuk mengartikulasikan dan menyampaikan pendapat dan ide-ide kita dengan lugas dan mudah dimengerti, yang kita sampaikan secara lisan maupun tulisan. Seorang penulis ( yang sukses) tidak hanya berimajinasi yang tinggi, tetapi juga banyak membaca. Karena dengan banyak membaca-lah seorang penulis bisa memberi bumbu yang tepat untuk meracik ide-idenya, tulisan-tulisannya.

13. Membaca adalah pintu dunia

Coba kita pikirkan, apakah kita bisa mengatahui berbagai hal hanya dengan mendengar dari orang lain ? Dapatkan kita bayangkan dan lukisakan dalam kepala kita jika hanya mendengar cerita orang lain akan kisah perjalanannya ? Dapatkah kita mengetahui apa dan bagaimana keadaan, keindahan negara orang lain ? Dapatkah kita mengetahui banyak hala- hala di dunia ini tanpa kita membaca tulisan orang lain ?

Akhir kata, silakan googling sendiri ya sejumlah manfaat membaca lainnya..

Terimakasih anda telah membaca tulisan ini.