Makanan Khas Belanda

Makanan Khas Belanda

Seyogianya setiap bangsa negara memiliki makanan khas yang tidak ditemukan di negeri lainnya, demikian juga Belanda punya makanan khas.

Sarapan pagi
Sarapan pagi bagi orang Belanda sangatlah penting. Sarapan pagi biasanya terdiri dari potongan roti atau krakers, yang dipoles dengan mentega kemudian dilapisi dengan pilihan keju, pinda kaas (penut butter), jam, hagelslag, irisan daging sosis dan secangkir kopi atau teh. Sering juga orang sarapan dengan semangkok muesli/oat dengan campuran yogurt.

Coffie Time atau saat ngopi
Saat ngopi biasanya sekitar jam 10.00 -11.00 pagi. Di kantor atau pun dirumah akan tersedia kopi dan disertai sebuah kue kering, wafels , dan biasa juga ditemani oleh sepotong appel taart, vlaii atau kue manis lainnya.

Santapan Siang
Menu makanan siang hampir sama dengan menu sarapan pagi yaitu dengan roti, tetapi kali ini tidak lagi dilapisi denga makanan yang manis tetapi lebih lebih sehat. Umumnya makanan siang adalah sepotong roti (potongan roti) dilapisi dengan keju, salad, atau sosis. Salah satu roti yang paling terkenal sebagai santapan siang adalah yang disebut dengan Broodje Gezond, terdiri dari sepotong stok brood atau pistoletjes (Roti khas Prancis) yang dilapisi dengan irisan keju, tomat dan telur rebus. Seporsi salad sayuran atau buah juga amat digemari sebagai makanan siang. Makan siang siang biasa juga disertai dengan minuman segar buah-buahan.

Thee Time atau Saat Minum Teh
Sore hari diantara jam 15.00 – 16.00 sore ,sering disebut juga Saat Minum Teh. Biasanya sajian enak yang menemani teh biasanya juga adalah wafels, atau kue kering manis lainnya yang ringan.

Makanan Malam
Santapan dan menu makan malam sering disesuaikan dengan musim. Biasanya dimusim panas orang Belanda suka dengan salad buah atau salad sayur- sayuran beserta roti. Adapun pilihan makanan dimusim lainnya adalah , haze, erwten soep, hotspot, stampot, hete bliksem.


Makanan Khas Belanda

Makanan Lainnya
Haring, adalah ikan herring..ikan ini dimakan emtah dengan potongan bawang. Makanan ini dikenal juga dengan nama khas Hollands Nieuw, setiap penangkapan pertama setiap tahun.
Frikandel, adalah campuran dari berbagi jenis daging yang dicincang dan dicmapur seperti membuat bakso, tetapi di goreng dan bentuknya panjang.
Kroket, adalah sejenis pastels, yang bebentuk lonjong dan diisi campuran daging giling dan digoreng setelah di gulirkan pada tepung panir yang tebal.
Pofferjes, adalah sejenis serabi ukurang kecil yang disantap dengan taburan tepung gula.
Stroopwafels, adalah wafel yang dilapis dengan cairang kental karamel.
Drop, adalah sejenis kandy atau cemilan berupa bon-bon yang rasanya asin hingga sedikit manis.
Beschuit, sejenis roti tawar bulat yang dikeringkan
Olibol, sejenis gorengan yang dimakan dengan taburan gula tepung.
Appeltaart, kue taart yang dibuat dari apppel.
Muijes, sejenis biji jintan yang dibalur dengan lapisan manis.
Banketstaaf, roti gulung yang berisi selai kacang kenari
Kerststol, roti gulung pipih berisi selai kacang kenari dan lapisan pembungkusnya berisi dengan kismis, dan penapkannya di tabur tepung gula.


image; google 

                                                            ******************