Wooow Takjub - Belanda Negara Bersih ; Kesan Pertama Menginjakkan Kaki di Negeri Belanda

Wooow Belanda Negara Bersih ; Kesan Pertama Menginjakkan Kaki di Negeri Belanda
 

 
 
Masih aku ingat ketika pertama sekali menginjakkan kaki di Belanda tahun Peberuari 1996. Dengan modal nekat dan restu keluarga aku berangkat Berastagi, menuju Amsterdam, dengan menumpang Pesawat Garuda Indonesia.
 {. Pada tahanun tersebut Pesawat Garuda berangkat dari Bandara Polonia Medan *, tepat tengah malam. }

Setelah sekian jam kemudian, pesawat mendarat di Bandara Internasional Schipol, yang sebelumnya telah berhenti 1 jam di Bandara Internasional Abu Dhabi.
Bayangkan betapa melelahkan, karena telah sekian jam tidak tidur dan perbedaan waktu 6 jam.
Belanda, Holland, atau The Netherlands adalah negera kecil seribu pesona di Eropah Barat. The Netherlands – Nederland, bermakna negeri bertanah rendah. Orang Belanda sendiri sering menyebutnya Lageland, negara rendah...hups..awas ya bukan negara rendahan...hehe...Ini karena hampir 70% negara ini adalah dari hasil reklamasi laut.
Hups..,segalanya tentang Geografi Negara Belanda ini silakan baca di wipedia saja ya..lengkaplah..

Kesan pertama yang saya tangkap ketika memasuki Bandara udara Schipol...sekian tahun yang lalu adalah, merasa memasuki area transpostasi serba canggih, sekarang mah multi canggih ...hehe.., dan multi koneksi...karena Schipol terhubung dengan jalur internasional darat dan udara, dengan jalur kreta api di bawah tanah. Serba teratur dan terorganisasi...benarlah ini kan jalur sibuk Bandara Internasional..pikirku saat itu.

Tetapi aku ternyata salah, nyatanya bukan hanya Schipol yang rapi dan teratur, tetapi seluruh pojok negeri ini juga teratur, bersih dan rapi, I find out late on. Salah satu contoh kota Amsterdam sebagai kota tersibuk dan berdiri diatas bendungan-bendungan air hingga ke setiap pojok ada kanal, juga terlihat aduhai sekali. Kanal-kanalnya bersih dan rapi, tak ada sampah yang kelihatan mengapung. Bersih dan rapi itu memang indah.
Tidak hanya transfortasi bus, mobiel dan kreta api yang teratur tetapi jalur pejalan kaki dan pengendara sepeda juga memiliki jalur yang amat nyaman. Bahkan pengendara sepeda dan pejalan kaki lebih di utamakan kenyamanannya.

Tidak hanya kesan saja, bangsa Belanda umumnya memang ramah, ini terlihat dari cara-cara mereka bergaul antara satu dengan lainnya, ramah bukan berarti mengabur senyum lho..tetapi beretika sopan dan mematuhi peraturan yang ada, yang jelas yang diciptakan oleh mereka sendiri, sehingga setiap penghuni negeri ini merasa bebas, nyaman dan hidup comport/makmur secara moral/spiritual, dan badani.
Inilah sekilas kesan ketika pertama sekali berkunjung ke Belanda. Tata cara dan Lifestyle bangsa Ini dapat kamu baca pada goresan—goresan berikutnya
Terimakasih dan Mejuah-juah.
 
* Bandara Polonia Medan, kini diganti dengan Bandara Internasional Kuala Namu.
* Schipol adalah salah satu pintu gerbang memasuki Eropah Barat, dengan kapasitas yang lengkap.
 

                                           *************************************