Kebiasaan Unik Tradisi Orang Belanda

 
Kebiasaan Unik Tradisi Orang Belanda
Setiap individu, suku, dan negara memiliki kebiasaan yang tidak ditemukan pada orang lain, suku lain dan negara lain di dunia.
Sebagaimana orang Belanda sendiri mengatakan bahwa mereka adalah een raar gezellig volk atau A strange cozy people, yang di kenal dengan rilek, direct dan hemat yang bermental doe-maar-normaal-dan-doe-je-gek-genoeg, dimana artinya adalah berbuatlah normal, itu saja sudah cukup menunjukkan kamu gila.

Kebiasaan Umum – Tradisi Belanda
Setiap individu, suku, dan negara memiliki kebiasaan dan tradisi yang tidak ditemukan pada orang lain, suku lain dan negara lain di dunia.
Negara Kerajaan Belanda terletak di daratan Eropah Barat Laut. Secara geografis merupakan negara yang 21 persen berada dibawah permukaan laut. Jika es Kutub Utara mencair secara besar-besaran maka Belanda adalah negara pertama yang berpotensi tenggelam. Sereem ya ngebayangkan…?
Kebiasaan atau tradisi Belanda merupakan gaya hidup yang telah turun temurun dan konsisten tanpa merugikan pihak lain. Bangsa Belanda sendiri menggambarkan dirinya bahwa mereka adalah een raar gezellig volk atau A strange cozy people.
Belanda dikenal dengan sikapnya yang ramah, rileks, langsung (to the point), hemat dengan mentalitas een doe-maar-normaal-dan-doe-je-gek-genoeg, artinya berbuatlah dengan normal, itu saja sudah menyatakan bahwa kamu cukup gila.

 Sejumlah tradisi umum, yang hampir dilakukan oleh seluruh bangsa Belanda diantaranya adalah;
Hari Minggu adalah Family Day

Secara umum, hari minggu adalah hari dimana waktu dimanfaatkan untuk istirahat dan reuni keluarga. Pada hari minggu orang Belanda tidak suka diganggu melalui telepon dan di kunjungi kecuali pada saat Hari Perayaan Ulang Tahun dan kamu di undang. Orangtua juga sering kurang senang jika anak-anak mereka diundang berpesta ulang tahun pada hari minggu, karena dengan demikian mereka haru menyesuaikan waktu untuk mengantar, menjemput dan menunda kegiatan-kegiatan bersma keluarga yang menyenangkan ; seperti ke taman, berenang, bersepeda dan sebagainya. (hal ini terutama pada musim semi dan musim panas).

Orang Belanda masih suka mengirim kartu.
Walau sekarang dengan mudah kita bisa mengirim ucapan melalui SMS, kartu elektronik, dan Sosial Media, orang Belanda nampaknya masih suka mengirip kartu ucapan secara tradisional. Mengirim lewat Pos. Dengan cara ini rasanya penyampaian itu masih jauh lebih mengungkapkan perhatian dan dilakuan dengan sepenuh hati, karena kita sebagai pengirim telah mengambil waktu dan menyediakan kesempatan diantara kesibukan-kesibukan yang bertumpuk. Penerima biasanya amat senang.
Kartu ucapan biasanya dikirim dihari-hari special seperti Perayaan Natal, Tahun Baru. Kartu ucapan atas kelahiran seorang anak. Ucapan Duka Cita karena meninggal atau Musibah. Ucapan Ulang Tahun, Lulus Dari sekolah. Mendapatkan SIM.
Kalender Ulang Tahun di gantung di toilet
Ulang Tahun bagi setiap orang di Belanda amat sangatlah penting , bagi yang berulangtahun dan juga bagi teman-teman serta keluarga. Karenanya di Belanda kita bisa menemukan kalender khusus ulang tahun. Dalam kalender ini kita mengisi siapa dan tanggal berapa seseorang berulang tahun. Biasanya dijual pada akhir tahun dan awal tahun berikutnya dengan motif dan bentuk yang lucu-lucu dan manis.
Hanya saja kalender ini digantung di dinding toilet hehe...alasannya adalah agar tidak lupa, dan toilet adalah tempat yag paling sering dikunjungi…
Bachelor party – vrijgezellenfeest- pesta bujangan

Seiring dengan perkembangan zaman, bagi orang Belanda menikah bukanlah hal yang paling penting untuk membentuk sebuah keluarga. Tetapi jika memutusakn untuk menikah maka banyak pasangan akan merayakan malam terakhir mereka sebagai single, atau jomblo. Biasanya dilakukan bersama saudara dan teman-teman mereka masing-masing. Having fun dan gila-gilaan bersama terkahir bersama. Teman-teman mereka akan memanjakan mereka dan membuat kejutan buat calon penganntin pria atau wanita. Ini menyakatakan bahwa masa jomblo akan berakhir dan hidup berubah tangga adalah fase yang baru. Dunia discotic, dan rock and roll akan diganti dengan dunia lain, popok dan tangisan anak-anak dan semua yag berkaitan dengan yang disebut rumahtangga.

Tradisi Anak Lahir

Salah satu tradisi atau kebiasaan yang membuat kita bisa merasa suprise adalah ketika seorang anak lahir. Orang tua akan memasang di depan rumah mereka patung burung bangau yag dimulutnya tergantung handuk atau kain yang diikat seperti ayunan dan berisi boneka bayi yang sedang tidur, itu menandakan bahwa keluarga pemilik rumah tersebut sedang berbahagia menyambut anggota keluaga yang baru lahir.

Menurut ceritanya dahulu sesungguhnya adalah untuk menjelasakan atau menjawab pertanyaan anak-anak yang lebih tua dan masing kecil, mengapa mama mereka ada di tempat tidur dan ada bayi. Dengan cara tersebut maka dapat dijawab bahwa burung bangau yang telah membawanya dan mama mesti menjaganya. Dan juga dipercaya bahwa burung bangau adalah pembawa keberuntungan. Beruntung karena tambah anggota keluarga . karenanya jika kita mendengar “ de ooievaar is gekomen”atau kita baca dalam kartu pemberitahuan lahir ini boleh kita artikan dengan “telah lahir. seorang anak dengan selamat dan sehat.

Hingga kini walau zaman kini adalah zaman berselfie, masih tetap kita temukan kartu tanda kelahiran dengan photo atau gambar-gamba ooivaar dengan kantung di mulutnya. Selain dengan patung burung bangau banyak juga yang mengiasi kaca cendela lebar rumah mereka dengan tulisan :
Hoeraaaa...een jongen” ( jika bayi laki-laki) atau “Hoeraaa...een meisje” (kalau bayi perempuan)

Beberapa hari setelah kelahiran seorang anak, orangtua yang berbahagia akan mengirim kartu kelahiran (bukan akte kelahiran lho..hehe), kepada semua anggota keluarga, teman dan kenalan baik serta semua yang punya hubungan dengan keluarga tersebut. Dalam kartu kelahiran ini bisanya tertulis nama bayi, berat dan panjangnya ketika lahir. Dan juga pengumuman, waktu berkunjung bagi yang ingin berkunjung.

Selanjutnya untuk menyambut tamu yang berkunjung, akan disajikan makanan sederhana yang dikenal dengan bescuit, roti tawar kering berbentuk bulat yang ditabur dengan yang dikenal dengan muisjes, yaitu taburan yang terbuat dari adas manis berlapis gula yang diberi warna,dan terlebih dahulu bescuitnya dipoles mentega. Warna biru dan putih buat bayi laki-laki dan warna pink bagi bayi perempuan. Beschuit ini sering dibagikan ke tetangga, sekolah atau di tempat kerja dan tentunya sambil menunjukkkan bayi yaNg baru lahir.

Sedikit tentang muisjes : muisjes artinya tikus-tikues kecil, dieberinama muisjes karena taburan ini berbentuk seperti tikus kecil.

Anak- anak tidur jam 19.00 – 20.000 malam

Hampir semua anak-anak berusia 1 – 12 tahun di Belanda tidur antara pukul 19.00 dan 20.00 malam. Alasannya adalah karena anak jelas telah capek setelah seharian bermain seharian. Dan anak-anak dalam usia demikian butuh istirahan 10 – 12 jam. Dan lagi pula, jika kecapekkan anak-anak tidak akan berkonstrasi dengan baik di sekolah besok harinya. Dan selanjutnya orang tua juga butuh saat sejenak bersama, sebelum mereka sendiri istirahat antar jam 10.00 – 11.00 malam.

Membacakan buku sebelum tidur

Salah satu kebiasaan yang hampir dilakukan oleh semua orangtua di Belanda adalah membacakan buku cerita anak-anak sejak anak umur masih dibawah satu tahun. Pada usia ini, anak-anak di tawari yang disebut baby boekje berisi gambar-gambar binatang yang biasanya orangtua menceritakan atau menyebut nama -nama hewan atau binatang. Selanjutnya buku-buku yang dibacakan disesuikan dengan usia anak-anak.

Alasan membacakan buku-buku ini adalah :
*karena ini adalah saat indah dn menyenangkan bagi anak-anak.
*karena dengan demikina dapat membangkitkan rasa pada bahasa
*karena dapat meningkatkan dunia mereka
*karena membantu anak meningkatkan rasa dan kesan dalam diri anak-anak
*memotivasi untuk dunia fantasi anak-anak
*meningkatkan perkembangan konsentrasi daya pendengaran anak
*memovitasi daya pikir anak-anak menyesaikan sebuag masalah probleem
*meningkatkan rasa percaya anak pada berberbagi bentuk dan jenis – jenis cerita.
Karenanya, tidaklah heran jika setiap anak memiliki banyak buku sejak dari kecil. Jika mereka ualng tahun sering juag di beri hadiah buku – buku cerita. Dan orangtua biasanay juga tidak segan-segan membilkan buku bauat anak-anak mereka.
Salah satu buku cerita anak-anak yang dibaca oleh hampir seluruh warga Belanda adalah buku yang berjudul Jip en Janneke karya Annie M.G. Schmid ((20 May 1911 – 21 May 1995).
Buku cerita ini tidak hanya dibaca oleh anak-anak yang lahir dan tinggal di Belanda, tetapi juga oleh mereka-mereka yang lahir dan tinggal di negeri lain jika salah satu orangtua mereka adalah berbangsa Belanda.
Mencium Pipi 3 kali
Selain memberi salam dengan mengulurkan tangan, kebiasaan salaman di Belanda adalah mencium pipi tiga 3 kali...dengan ururan kiri-kanan-kiri atau sebaliknya. Salam pipi ini hanya dilakukan oleh keluarga, teman, atau kenalan dekat. Jadi hati-hati jika kamu baru pertama bertemu dengan orang jangan dilakukan cium pipi..orang tersebut bakaln terjekut pisan..hahaha..
Makan malam bersama pukul 17.00 – 19.00
Kebiasaan lain yang telah menjadi tradisi di Belanda adalah setiap keluarga berusaha menyajikan makan malam pukul 17.00 – 19.00 malam. Sesibuk apapun mereka, keluarga di Belanda akan berusaha bersantap malam bersama.
Makan ikan di Hari Jumat ?
Secara umum orang Belanda bukan penduduk pemakan ikan, walau kini karena pengaruh pendatang dari berbagai suku bangsa di dunia, bahwa kini bangsa asli negeri ini lebih banyak mamakan ikan dari puluhan tahun sebelumnya.
Kebiasaan orang Belanda memakan ikan di hari Jumat adalah karena pengaruh agama Khatolik. Penganut Khatolik pada masa lalu tidak memakan daging di hari Jumat karena dihubungkan dengan “Goede Vrijdag”, atau Jumat Agung, Hari kematian Yesus Kristus.
Pada tahun 1989 Konferensi Waligereja Belanda menulis bahwa orang percaya dapat memenuhi kewajiban untuk berpantang pada hari Jumat dengan sendirinya dalam makanan dan minuman, merokok atau batasan yang jelas dalam kesenangan lainnya.
Makan daging tidak lagai harus di hindari pada hari ini.
Walau semakin banyak orang telah memakan daging pada hari Jumat, menu-menu makanan di rumah sakit Khalotik masih tetap menyajikan santapan ikan di hari Jumat. Dan pada kenyaataannya masih banyak orang yang menjaga tradisi ini yang diwarisakan dari orangtua mereka yang pernah dididik dengan ajaran Khatolik, yang sesungguhnya tidak ada hubungannnya dengan keagamaan.

Setiap orang punya buku agenda, kini ada di HP atau aplikasi.

Orang Belanda menyenangi dan menginginkan hidup yang teratur dan berstruktur. Artinya banyak hal dilakukan sesuai dengan waktu dan jadwal yang ditentukan. Dan orang Belanda amat sangat disiplin tentang hal yang satu ini.

Waktu dan kegiatan sering telah diatur dan ditentuka 2-3 minggu sebelumnya. Dan setiap orang Belanda telah memiliki banyak “perjanjian bertemu-berkunjung ; sejak mereka lahir ( kapan mereka minum susu, kapan ke biro konsutasi, kapan menerima sintikan vaksinasi) dan seterusnya.

Minum Kopi pagi hari dan minum teh sore hari

Tradisi umum lainnya adalah orang Belanda suka meneguk koffie (break time) di pagi hari dan meneguk teh di sore hari.

Tepat waktu dan janji
Orang Belanda tidak suka terlambat, kalaupun mereka tidak bisa datang tepat waktu mereka akan memberi tahu terlebih dahulu. Jika janji mereka tidak bisa di tepati pada waktu yang telah ditentukan, mereka akan menepatinya pada waktu-waktu berikutnya.
 
Ulang tahun usia ke 50 tahun disebut Abraham dan Sara

Apabila seseorang telah mencapai usia 50 tahun, maka mereka sebut Abraham dan Sara. Apa alasannya penamaan ini tidaklah jelas. Tetapi setelah cari dan baca sana-sini alasnnya adalah dari cerita Alkitab Yohanes 8 : 55 – 58, dan ayat yang diambil adalah Johanes 8 : 57

Yesus sudah ada sebelum Abraham
8:48 Orang-orang Yahudi menjawab Yesus: "Bukankah benar kalau kami katakan bahwa Engkau orang Samaria b  dan kerasukan setan? c " 8:49 Jawab Yesus: "Aku tidak kerasukan setan, tetapi Aku menghormati Bapa-Ku dan kamu tidak menghormati Aku. 8:50 Tetapi Aku tidak mencari hormat bagi-Ku: d  ada Satu yang mencarinya dan Dia juga yang menghakimi. 8:51 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut e  sampai selama-lamanya." 8:52 Kata orang-orang Yahudi kepada-Nya: "Sekarang kami tahu, bahwa Engkau kerasukan setan. f  Sebab Abraham telah mati dan demikian juga nabi-nabi, namun Engkau berkata: Barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya. 8:53 Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, g  yang telah mati! Nabi-nabipun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?" 8:54 Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, h  maka kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, i  tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami, 8:55 padahal kamu tidak mengenal Dia, j  tetapi Aku mengenal Dia. k  Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya. l  8:56 Abraham m  bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya n  dan ia bersukacita." 8:57 Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?" 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, o  Aku telah ada. p " 8:59 Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; q  tetapi Yesus menghilang r  dan meninggalkan Bait Allah.



Pesta Ulang Tahun yang sederhana

Walau banyak bangsa-bangsa imigran datang ke Belanda dan membawa tradisi pesta makan untuk merayakan ulang tahun, Bangsa Belanda tetap merayakan ulang tahun mereka dengan cara sederhana.

Mereka akan menyediakan kue ulang tahun, snak dan minuman. Makanan sederhana yang biasa tersedia, adalah kacang-kacangan, sosis (non halal), dan sejumlah cemilan lainnya.

Kadang - kadang tamu diundang sore hari antar pukul 13.00 – 16.00 sore hari. Jika pesta di malam hari, kita akan di undang antara pukul 19.00 dan di harap semua tamu sudah pulang pada pukul 23.00 malam. Intinya, isilah perut sebleum mengahadiri pesta ulang tahun.

Membuka kado di depan tamu

Orang Belanda senang sekali membuka kado di depan pemberinya. Jika kamu tidak suka atau merasa kurang senang akan barang tersebut, kamu boleh saja mengatakan alasan yang kamu rasa tepat tetapi tidak menyatakan kamu tidak suka, tetapi kamu tetap memuji barang teresbut dengan antusias kemudian memberi alasan bahwa kamu tidak tahu berbuat apa dengan benda tersebut, atau kamu sudah punya. Biasanya dengan tanpa rasa kecewa, pemberi akan memberi kepada kamu “struk pembelian” hingga kamu sendiri bisa menukarnya denga barang yang kamu suka. Kejujuran kamu akan jauh lebih sopan dan terpuji dimata mereka daripada kamu “nerima tetapi hatimu ngedumpel”

Note :
Peraturan umum di Belanda, bahwa kita masih bisa menukar atau mengembalikan barang masih dalam keadaan utuh antara 8 – 14 hari, dan bon sebagai bukti pembelian.


Calviniste – Sederhana

Orang Belanda benar-benar tidak suka dengan dengan hal-hal yang di tunjukkan secara berlebihan.
Kamu boleh sedih karena kematian (keluargamu-kucingmu-anjingmu), tetapi tidak perlu menyatakannya secara berlebih -lebihan, karena jelas dan pasti orang tahu bahwa kamu amat sedih.

Kamu boleh bangga dengan anakmu yg sukses, atau dirimu yag sduah jaya tetapi tidaklah perlu enggkau membangga diri dan merasa hebat dari orang. Tanpa kamu beritahu juga orang juag tahu kamu sukses dan pintar.

Kamu boleh saja kerja keras dan banyak harta, tetapi jika mobil barumu kamu pamer dengan memotong kendaaraan yg lain dijalan, kamu adalah seorang asosial. Tanpa pamerpun orang sudah bisa lihat bahwa kamu punya mobil baru dan mewah. Prinsipnya gampang saja, bahwa siapa yang angkuh, sombong dan suka pamer tidak kan mendapat simpatik, atau perhatian.

Kebebasan


Negara Belanda adalah negara bebas tetapi bukan tanpa aturan. Kamu tidak bisa sembarangan memberi pendapat dan menuliskannya jika itu berkaitan dengan kebebasan orang lain.
Kamu bebas mengeluarkan pendapat, namun tidak boleh menyakitkan keperibadian orang lain.
Kamu bebas memilih agama , kepercayaan atau menjadi atheis, tetapi kamu tidak diterima menghina keyakinan orang lain.
Kamu bebas menjadi Lesbian, Gay, Bisexul, Transgender, Asexual atau Heterosexual.
Kamu tidak bebas menjelekkan naman orang lain dengan sengaja, menfitnah, atau menuduh sengaja orang lain bersalah dengan tujuan agar dia hukum walau kamu sendiri thau itu tidak benar akan dikenakan hukuman.
Kamu tidak dizinkan mendiskrimansi orang lain. Kamu bebas berbuat segala sesuatu asal tidak membahayakna merugikan diri sendiri , orang lain atau mengganggu kenyamanan publik-rakyat.

Dan semua hal-hal diatas mempunyai dasar hukum dan aturan.

Hal-hal yang dilarang (tabu) hanya sedikit

Negara dan orang Belanda mengenal sedikit tabu. Hampir semuanya bisa diperbincangkan, dengan kekecualian Agama. Hal agama ini berlaku secara jelas terutama pada daerah-daerah yang mana keagamaan sangat berperan penting. Jika kamu perhatikan, televisi dan radio juga amat sedikit sekali yang dianggap tabu.
Berbicara secara terbuka tentang seks, penyakit, persaan, euthanasie, kejadian-kejadian yang menimpa seseorang dan banyaklagi adalah hal-hala yang normal di Belanda.
Pencerahan-pendidikan seks sering telah dimulai sejak masih duduk dipendidikan dasar. 
Tentang Narkoba juga dibicarakn secara terbuka.
Ketelajangan – keterbukaan jarang sekali menjadi bahan tertawaan ,apalagi cercaan atau bully.
Orang-orang yang punya utang banyak juga rela dibuat filmnya dan disiarkan lewat televisi.
Semua hal – hal diatas selalu di lihat dari sisi positifnya, dan tentunya ada sejumlah hal-hal yang di anggap bisa menajdi pelajaran hidup bagi orang lain.