Membaca adalah Jendela Dunia


Sudah membaca (buku) hari ini ? 
 

Salah satu tips dari Nazwa Shibab, sebagai Duta Baca Indonesia 2016-2020, untuk meningkatkan (menularkan minat baca), adalah masukkan jadwal membaca ke dalam rutinitas kita sehari-hari, masukkan itu “sebagai bagian” dari kegiatan kehidupan kita sehari-hari, walau hanya 5 menit saja. Pastikan bahwa kegiatan itu telah bagian dari rutinitas.
Saya mengamini tips ini, tetapi prakteknya kok suliiit banget ya.


Membaca adalah Jendela Dunia
najwashihab.com

 
Buktinya nih di rumahku dan bukuku. 

Disamping kursi tempat aku duduk ini sekarang, ada meja kecil di atas meja ini terletak sebuah buku tua Dunia Wanita karya La Rose. 

Tiga meter di depan saya, ada meja telepon dan juga terletak buku Biografi Nelson Mandela dan Bukan Manusia angka, karya Denny Siregar 

Di samping ranjangku juga terletak setumpuk buku yang tersusun rapi temasuk sebuah Alkitab

Buku-buku itu sesunguhnya menjerit-jerit “read me, read me”tetapi aku mengabaikannya, mengabaikan suara-suara indah dan merdu yang ada didalamnya, suarapenulisnya.

Saya yakin, bahwa bukan hanya saya, pada masa jaman Sosial Media sekarang ini, kita bukannya lagi membaca buku, tetapi membaca postingan dan komen-komen di timeline.  

Mengabiskan waktu berjam-jam untuk membaca segala postingan yang muncul puluhan bahkan ratusan setiap menit. Kita tidak pernah memperhatikan bahwa jarang sekali orang memposting tentang buku atau artikel yang berkualiatas yang memberi inspirasi bagi mereka. Walau pada sesungguhnya manfaat membaca banyak sekali.  

Jadi , apakah sudah baca buku hari ini ? Apalagi yag mesti kita tunggu ? Baca yuuuuk….walau hanya beberapa lembar sehari…

#Ituaja