Hari Ratu dan Raja Belanda



Hari Ratu dan Raja Belanda
 
Hari Ratu dan Raja adalah Hari Pesta National Belanda.
Hari Ratu ini timbul secara sepontan setelah Ratu Juliana naik tahta 4 september 1948 - 30 april 1980. 
Sejak kecil Ratu Juliana telah disenangi oleh rakyat Belanda, karenanya di tahun -tahun pertama hari ulang tahun beliau 30 April banyak yang mengantar bunga, dan hadiah-hadiah lainnya ke pintu gerbang istana. 

Untuk menyambut ucapan selamat dari rakyat yang sengaja datang ke istana, beliau dan anak-anaknya akan berdiri di depan “Bordes”, tangga pintu depan istana, sambil melambai-lambaikan tangan mereka. 

Pesta ini berkembang sedemikian rupa, hingga menjadi Hari Nasional, yang mana Ratu dan keluarganya tidak lagi hanya berdiri di Bordes, tetapi turut berpesta ria bersama rakyat di seluruh Nederland, dan keluarga besar kerajaan akan datang berpesta bersama pada kota atau desa, kecamatan yang di tetapkan oleh Komite Kerajaan. Adapun kegiatan pesta ini berbentuk adalah pertunjukan budaya lokal, keistimewaan lokal. Dan jelas kegiatan ini disiarkan langsung oleh berbagai Chanel televisi Nederland, sehingga masyarakat dari daerah lain juga bisa menikmati kegiatan ini walau hanya melalui layar televisi.
Walaupun Ratu Juliana telah lama turun tahta, dan telah meninggal dunia( beberapa tahun yang lalu), dan telah digantikan oleh Putrinya Beatrix Hari pesta ini tetap dirayakan pada tanggal 30 April, atas inisiatif Ratu Beatrix sebagai tanda kehormatan pada ibunya dan rakyat Belanda dan lagi pula beliau lahir di bulan Januari dan jelas terlalu ingin buat berpesta.
Setelah Ratu Beatrix digantikan oleh Putranya William Alexander, kini Hari Ratu berubah menjadi Hari Raja, dan untungnya hari kelahiran Raja Willien Alexander berdekatan dengan hari ulang tahun Ratu Juliana, yaitu tanggal 27 April, sehingga Hari Ratu tetap terasa dekat. 
Hari Ratu dan Raja Belanda

Pesta ini dirayakan oleh rakyat dengan cara mereka masing-masing oleh lapisan masyarakat, mengenakan pakaian,mencat rambut atau memoles wajah dengan warna orange. Mengapa orange ? Karena Orange karena Keluarga kerjaan Belanda adalah keturunan ( bermerga)Orange Nassau.
Pesta ini diawali sejak malam sebelumya oleh kalangan muda dengan meneguk bir sebanyak mungkin di cafe kesayangan mereka dan selanjutnya di kegiatan musik festival gratis dilapangan terbuka. Kesokan harinya pada kelurahan masing-masing akan terselenggara pasar bebas massal yang disebut dengan Vrije Markt. Di kesempatan ini masyarakat, dapat menjual segala bentuk barang-barang bekas masing-masing yang masih utuh utuh dan berguna.
Pesta tanpa musik adalah tidak lengkap, karenanya banyak kelompok musik lokal akan tampil pada podium terbuka yang berusaha memperlihatkan kebolehannya masing-masing, anak-anak yang bernyanyi , menari. Para artis terkenal dan lokal akan tampil dengan gratis.
 Walau Pesta ini diselenggarakan di seluruh negeri, pesta ini akan berakhir dengan teratur pada pukul 14.00 sore, dan 2 jam kemudian tempat dan lokasi pesta telah sepi dan bersih kembali, dan tidak akan ada terlihat lagi sisa-sisa pesta terutama dalam bentuk sampah. Yang tersisa adalah bekas goresan kapur tulis pada trotoar jalan yang jauh seminggu sebelum pesta telah diberi tanda oleh orang yang ingin menduduki lokasi tersebut.
                                         ***************************