Pesta 5 Desember adalah Pesta Sinter Klaas - Pesta Anak-anak di Belanda


Pesta Sinter Klaas-Pesta anak-anak di Belanda.
 
Pesta 5 Desember adalah Pesta Sinter Klaas - Pesta Anak-anak di Belanda
Tanggal 5 Desember adalah pesta anak-anak yang dikenal dengan Hari Sinterklaas, terutama anak-anak umur 3- 8 tahun. 

Pesta ini berawal cerita seorang tokoh suci kristen bernama Santa Nicolas, atau Nicolas dari Myra, Turki pada abat IV setelah Kristus, yang pada masa hidupnya banyak sekali menolong orang yanga tidak mampu walau dia sendiri hanya memiliki secukupnya.
Tanpa perduli dari mana asal tradisi ini, perayaan ini telah menjadi tradisi yang terbesar dan termahal di Belanda. Secara resmi perayaan ini di buka pada minggu kedua setiap bulan November. Diatur sedemikain rupa sehingga anak-anak percaya ,cerita dari mulut ke mulut, bahwa Sinter Klaas benar-benar berlayar dengan kapal besar yang penuh dengan kado setiap tahun dari Spanyol ke Belanda bersama pembantunya Zwarte Piet, Black Pieter, Piet Hitam. 

Pembukaan acara ini benar-benar resmi. Secara bergiliran di salah satu kota di setiap propinsi. Kapal Sinterklaas bersama pembantunya akan disambut semeriah mungkin, seperti tontonan carnaval. Dan juga disiarkan secara langsung melalui TV Nasional. Jadi tidaklah mengherankan bahwa pemerintah Belanda menghabiskan banyak biaya untuk pesta ini.
Sinter Klaas mengenakan jubah merah, dan kaos tangan putih, dan memiliki rambut dan janggut yang panjang dan beruban, dan bertongkat warna emas, benar-benar seperti tua renta. Selanjutnya yang amat penting adalah Sinter Klaas memiliki buku yang amat tebal, berisi nama semua anak-anak yang baik. Hanya anak-anak yang baiklah yang akan mendapat hadiah. Anak-anak yang nakal akan meneriman kayu/ranting kering.

Dan Zwarte Piet mengenakan pakaian sederhana dan berkulit benar-benar hitam, seperti hitamnya malam, sehingga anak-anak yakin bahwa mereka mengantar kado di tengah malam, dan tak seorangpun bisa melihat mereka. Selanjutnya mereka akan berkeliling kota dengan kuda putih kesayangan Sinter Klaas. Zwarte Piet akan membagi-bagikan, Pepermunten, sejenis biscuit rasa kayu manis, bagi anak anak. 

 
Setelah pembukaan ini, disetiap daerah /kota akan dirayakan dengan cara yang sama, sehingga setiap anak-anak seakan merasakan kehadiran Sinter Klaas dan Zwarte Piet di kota mereka. Sekolah, dan tempat penitipan anak-anak, dan kantor-kantor pesta ini akan dirayakan dengan kehadiran Sinter Klaas dan Zwarte Piet. Adalah suatu kebanggaan bagi anak-anak jika mereka bisa duduk di pangkuan Sintter Klaas atau Zwarte Piet dan juga hadiah kecil yang mereka terima.
Jika Sinterklaas telah resmi di buka (telah hadir di Belanda) pada malam hari sebelum tidur anak-anak boleh meletakkan sepatunya berisi wortel dan segelas air di depan pintu dan bernyanyi lagu-lagu Sinterklaas dengan harapan akan dapat hadiah dari Sinterklaas. Wortel di maksudkan buat kuda Sinter Klaas dan air buat Zwarte Piet . Selanjutnya orang tua mereka akan meletakkan hadiah kecil dan membuang wortel dan air sehingga anak-anak yakin bahwa harapan mereka terpenuhi ketika mereka bangun pagi.
Puncak perayaan pesta ini adalah tanggal 5 Desember, hari lahir Sint Nicolas, Sinter Klaas. Pada malam ini, biasanya jam 7- 8 malam sebelum anak-anak tidur, Zwarte Piet akan mengantar hadiah. Zwarte Piet akan menggedor pintu kuat sekali hingga anak-anak benar-benar terkejut, lari secepat mungkin dan hanya meninggalkan Jutte Zak, kantung, penuh dengan hadiah.
Happy Sinter Klaas.

Note :

Sejak tahun 2015, Pesta ini kurang meriah, karena protes keberatan dengan Zwarte Piet, yag diasosiasikan dengan bangsa kulit hitam dan masa perbudakan. Tetapi pesta ini tidak mungkin dihapuskan begitu saja, karena sudah menjadi bagian dari kebiasaan unik di Belanda. Demi kemerihan pesta ini, banyak organisator pesta menyesuiakan waran Zwarte menjadi warna lain..
Party must go on.