Cara Mudah Membuat Kaldu Ayam Segar

Cara Membuat Kaldu Ayam Segar
image;google

Kaldu ayam rasanya lebih enak dan terjamin kualitasnya jika dibuat sendiri. Ketika anakku masih kecil dan susah makan terpaksa aku siasati dengan berbagai macam sup sayuran yang berkulitas tinggi, berisi sayur-sayuran dan protein.


Syukurlah dia suka sup ayam. Setelah beberapa kali beli kaldu siap pakai, akhirnya ku putuskan dengan membuat kaldu ayam sendiri karena aku sendiri tidak merasa puas dengan kualitasnya kaldu siap pakai dari supermarket, dan juga mengandung garam dan penyedap rasa yang tinggi.

Bahan :
1 kg daging ayam*
1,5-2 liter liter aii
1 irisan jeruk nipis atau limoen
1 lembar daun salam

Proses :
Bersihkan daging ayam dengan air, kemudian dengan air campur jeruk nipis, basuh kembali hingga bau amis hilang dan sisa darah ayam habis.
Celupkan daging ayam dan daun salam ke air yang sedang mendidih dan, didihkan kembali. Tutup panci , beri sedikit terbuka, kecilkan api, sekecil mungkin. Biarkan mendidih pelan-pelan 1-1,5 jam. Angkat, pisahkan air kaldu dan daging ayam. Saring kaldu selagi hangat.  Bagi kaldu menjadi 2-3 bagian. Suwir-suwir dan dinginkan. Simpan di lemari es dan bekukan. Gunakan kaldu ayam dengan menambah air dengan bandingan 1 bagian kaldu ayam ditambah 2-3 bagian air bersih. 
Daging ayam boleh di konsumsi atau dioleha dengan menu lain seperti campuran nasi goreng jika mau. Atau masukkan kembali ke kaldu yang telah dibagi-bagi. Aku pilih yang terakhir karena anakku suka maka sup sayur ayam yang telah di blender.
* Jika ayam mengandung lemak yang banyak boleh dibuang langsung sebelum di proses.
 
Selamat Mencoba :)
                                                **********************************