Acara Seru-seruan Nyebur ke Laut di Awal Tahun Baru


cara Seru-seruan Nyebur ke Laut di Awal Tahun Baru

Salah satu kebiasan orang Belanda yang seru adalah nyebur ke laut diawal tahun baru, tepatnya jam 12.00 siang pada tanggal 1 Januari setiap tahun, Nieuwjaarsduik.

Bagiku yang berdarah tropis, kegiatan seru ini adalah acara gila..bagaimana tidak, air laut di Belanda nggak pernah hangat seperti dinegeri tropis. Januari adalah musim dingin. Nggak bisa aku bayangkan gimana dinginnya air laut. Pakaian yang berlapis-lapis, jas hangat dan tutup kepala serta sjaal, belum cukup menghangatkan badan jika keluar rumah. Berbikini dan nyebur kelaut rasa diri ini seolah mencoba bunuh diri, badan ini bakalan beku, atau setidaknya jadi biru karena dingin yang bakalan menusuk hingga sel-sel tulnag sumsum....brrrrrrr...
Konon sejarahnya tradisi ini hanyalah acara seru-seruan Zwemclub Njord '59 yang dipimpin oleh Ok van Batenburg, dari kota Haarlem, di Zandpoort, salah satu pantai yang terkenal di Belanda pada tahun 1960. Dan kemudian diiukuti oleh banyak pantai-pantai kecil atau dimana saja di Belanda.

Salah satu acara Nieuwjaarsduik yang paling terkenal adalah di Scheveningen, Laut Utara Belanda yang awal peserta hanya 7 orang dibawah inisiatif Jan van Scheijndel, bekas perenang Kanal yang terkenal dari Zwemclub Residentie, tahun 1965. Dari tahun ke tahun peserta Nieuwjaarsduik, semakin bertambah dan sejak awal acara ini di sponsori oleh Unox, salah satu perusahaan makanan di Belanda, yang amat terkenal dengan produksi sosis-nya, dengan ciri khas topi orange berbendera Belanda. Alhasil, acara seru-seruan yang gila, kini berubah menjadi acara massa dan menjadi tradisi.

Pingin ikut acara- seru-seruan ini ? Keep dreaming siapa tahu kelak berani mencoba...:) 

                                                   ******************